Ada Mobil Plat Merah Saat Kampanye Melati Erzaldi di stadion Depati Amir

PANGKALPINANG,BABELFAKTA — Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui jajarannya menemukan dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan diwilayah Panwaslu Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang.

Dugaan pelanggaran tersebut dilakukan oleh Calon Legislatif DPR RI atas nama Melati Erzaldi dari Partai Gerindra. Ia diduga melakukan penyalahgunaan mobil operasional pemerintah dalam kampanye tatap muka tabligh akbar yang di selenggarakan di Stadion Depati Amir, Kota Pangkalpinang.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), EM Osykar mengatakan bahwa pihaknya melalui Panwaslu Kecamatan Gabek menemukan informasi awal adanya dugaan pelanggaran pemilu berupa penggunaan mobil oprasional bus sekolah Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan mobil Kepala Desa. Temuan tersebut sedang dalam proses penanganan pelanggaran oleh Bawaslu Kota Pangkalpinang dan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah.

“Dugaan pelanggaran ini awalnya ditemukan oleh Panwaslu Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang. Karena lokasi kejadiannya di Pangkalpinang, maka ditangani dan ditindaklanjuti langsung oleh Bawaslu Kota Pangkalpinang bekerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, karena kendaraan dinas tersebut diduga milik pemerintah Kabupaten Bangka Tengah,” terang Osykar dalam siaran pers, Jumat (2/2/2024).

Ketua Bawaslu Babel ini menegaskan pihaknya akan melakukan penelusuran, investigasi serta kajian awal terhadap dugaan pelanggaran tersebut.

“Regulasi sudah secara tegas melarang penggunaan fasilitas negara dan kendaraan dinas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, nantinya akan disandingkan dengan dengan berbagai bukti, seperti foto dan video serta keterangan para saksi,” tutupnya. (MJ01)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *