Peringatan HPN 2024, Ketua PPID Kemenag Pangkalpinang Apresiasi Perkembangan Pers yang Semakin Pesat

PANGKALPINANG,BABELFAKTA — Hari ini, Jumat (9/2/2024), diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN), dan peringatan ini pun setiap tahunnya selalu dirayakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, Pemerintah selalu mengusung sebuah tema. Melansir dari akun resmi PWI, Tema Hari Pers Nasional 2024 adalah “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Tema ini dipilih tentu dalam rangka menyambut pesta demokrasi dalam suasana pemilu 2024. Hal ini dimaksudkan agar insan pers tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah kegaduhan situasi politik yang terjadi.

Bersamaan dengan tema, dirilis pula Logo Hari Pers Nasional 2024. Jika dilihat dalam logo tersebut terlihat jelas tulisan HPN dengan warna kombinasi merah, kuning, hijau, dan biru.

Selain itu, tulisan HPN yang besar tersebut juga dikelilingi oleh tiga karakter hewan. Serta terdapat tulisan di bawahnya Hari Pers Nasional DKI Jakarta 2024.

Penetapan peringatan Hari Pers Nasional pada 9 Februari didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden tersebut ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985. Jadi hingga tahun ini, HPN sudah diperingati sebanyak 39 kali.

Terkait hal ini, Ketua Pejabat Pengelola Data dan Informasi (PPID) Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Eyde Tusewijaya, S.E., M.M., yang dihubungi, pada Jumat (9/2/2024) pun mengucapkan selamat sekaligus mengapresiasi perkembangan pers dewasa ini yang semakin pesat dan mantap menunjukkan eksistensinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

“Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang sendiri saat ini sudah melakukan komunikasi dan kerjasama intens dengan berbagai media dan pers, khususnya dalam hal pemberitaan dan publikasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi, inovasi, prestasi maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan instansi yang sifatnya harus diketahui oleh publik,” ungkap Eyde.

Hal tersebut menurutnya juga merupakan salah satu bentuk upaya mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan terbuka, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik.

“Selamat memperingati Hari Pers Nasional untuk seluruh insan pers, khususnya di daerah Kota Pangkalpinang, semoga keberadaannya dapat semakin memberikan kontribusi positif dalam upaya memberikan informasi dan edukasi guna mencerdaskan masyarakat.” ucapnya. (GV04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *