PT Timah Rutin Gelar Program Beasiswa, Investasi Pendidikan untuk Masyarakat Lingkar Tambang

PANGKALPINANG,BABELFAKTA — Mendukung akses pendidikan bagi masyarakat di lingkar tambang merupakan salah satu komitmen PT Timah untuk mendukung meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah operasional perusahaan.

PT Timah memberikan beasiswa pendidikan bagi masyarakat di lingkar tambang yang ingin melanjutkan ke pendidikan SMA. Program Kelas Beasiswa ini dilaksanakan di SMAN 1 Pemali, Kabupaten Bangka.

Program kelas Beasiswa PT Timah ini telah dilaksanakan sejak tahun 2000, tercatat sebanyak 800 siswa telah menjadi alumni di Program Kelas Beasiswa PT Timah.

Anggota holding Industri Pertambangan MIND ID ini tidak hanya memberikan biaya pendidikan tapi juga menunjang kebutuhan para pelajar yang mendapatkan beasiswa. Karena para pelajar yang diterima akan ditempatkan di asarama.

Melalui program beasiswa yang bertujuan memberikan peluang pendidikan kepada masyarakat sekitar tambang. Langkah ini diambil sebagai bentuk kontribusi positif perusahaan terhadap perkembangan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Program beasiswa ini dirancang untuk mendukung siswa berprestasi dan berpotensi tinggi yang berasal dari keluarga masyarakat berpenghasilan rendah di sekitar area tambang.

Tujuan utama dari inisiatif ini adalah meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi, memberikan peluang yang sama bagi mereka yang memiliki potensi namun terkendala secara finansial.

Berbagai manfaat dari program beasiswa ini tidak hanya terbatas pada siswa dan keluarganya, tetapi juga diharapkan akan menciptakan dampak positif pada komunitas setempat secara keseluruhan.

Program beasiswa ini juga diarahkan untuk menciptakan efek positif dalam pengembangan sumber daya manusia lokal. Dengan memberikan peluang pendidikan kepada anak-anak masyarakat sekitar, perusahaan berinvestasi dalam pembentukan generasi penerus yang lebih terampil dan berpendidikan.

Melalui program kelas beasiswa, PT Timah berusaha memberdayakan komunitas lokal, pendidikan dianggap sebagai kunci untuk memecahkan siklus kemiskinan, dan program beasiswa ini merupakan langkah nyata dalam arah tersebut.

Program kelas beasiswa yang dilaksanakan secara berkelanjutan, mencerminkan komitmen PT Timah terhadap pembangunan berkelanjutan yang dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Dengan fokus pada pendidikan, PT Timah mengakui bahwa investasi jangka panjang dalam sumber daya manusia adalah salah satu langkah penting untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Program kelas beasiswa PT Timah Tbk ini telah dirasakan manfaatnya oleh para pelajar seperti yang disampaikan salah satu siswa yang saat ini sedang mengenyam pendidikan melalui Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk, Naurah Ashira.

“Banyak manfaat yang dirasakan dari program beasiswa PT Timah Tbk, terutama bisa membantu meringankan orang tua,” katanya beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, PT Timah Tbk mendukung penuh proses pendidikan yang mereka jalankan mulai dari fasilitas di asrama hingga kegiatan lainnya yang menunjang kemampuan akademik.

“Dengan adanya program kelas beasiswa sangat membantu saya dan orang tua saya secara finansial dan akademik, karena dengan mengikuti program beasiswa PT Timah Tbk, biaya sekolah dan kehidupan saya selama di asrama ini ditanggung oleh PT Timah Tbk, jadi kami fokus belajar,” katanya.

“Program kelas beasiswa PT Timah Tbk bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkar tambang. Program ini membantu kami untuk meraih cita-cita asal kami mau bekerjakeras dalam belajar,” katanya.

Sama halnya dengan Dzakwan Ariqah pelajar asal Manggar, Kabupaten Belitung Timur mengaakan dirinya sangat bersyukur bisa mendapatkan program kelas beasiswa PT Timah Tbk.

“Saya merasakan bahwa saya berkembang menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri dan bertanggung jawab. Saya termotivasi untuk menuntut ilmu dengan sungguh sungguh di lingkungan yang sangat kompetitif, sehingga saya terpacu untuk selalu belajar lebih baik lagi setiap harinya,” katanya.

Dzakwan Ariqah berharap, PT Timah Tbk dapat terus mempertahankan program ini dan melakukan peningkatan kualitasnya hal ini agara kebermanfaatan dapat terus dirasakan oleh masyarakat yang berada di lingkar tambang.

“Ini juga bentuk kepedulian PT Timah yang harus dilanjutkan bahkan menjadi teladan bagi perusahaan lain untuk terus peduli dengan pendidikan di Indonesia,” tandasnya. (MJ01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *