Aksi Bersih Pasar, Bagi-bagi Seribu Tote Bag, Hingga Festival Mural, Warnai HPSN di Koba

KOBA,BABELFAKTA — Setiap tanggal 21 Februari, Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Pemkab Bangka Tengah, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berkolaborasi bersama beberapa perangkat daerah dan organisasi lainnya, mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitaran Pasar Modern Koba, Kelurahan Berok, Sabtu (24/2/2024).

Peringatan HPSN tahun 2024 ini mengangkat tema Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif. Tema tersebut dilatarbelakangi dengan adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi masalah serius baik secara nasional maupun internasional. Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas.

Mengacu pada hal ini, DLH Bateng membagikan sebanyak 1.000 buah tote bag (tas jinjing), yang dapat dipergunakan warga untuk berbelanja, sehingga penggunaan kantong plastik dapat dikurangi.

Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah, yang hadir bersama Wakil Bupati, Era Susanto, serta Ketua TP-PKK Bateng Eva Algafry, dan Wakilnya, Maya Dwie Era, hadir berpartisipasi mendukung acara ini.

Algafry ketika ditemui usai kegiatan menghimbau warga untuk terus dapat menjaga lingkungan bersama.

“Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024 ini kita ajak warga untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar. Hal ini berguna untuk menghindari beberapa kasus, misalnya sakit DBD. Fogging atau pengasapan memang bisa menjadi salah satu upaya juga untuk penanggulangannya, tetapi itu bukan satu-satunya tindakan pencegahan,” ujar Algafry.

Dirinya mengingatkan, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Tindakan ini untuk menghindari adanya air tergenang yang berasal dari kaleng-kaleng sampah, atau tumpukan barang bekas. Maka dari itu, masyarakat kita himbau untuk dapat menjaga lingkungan sekitar karena pada dasarnya kebersihan itu adalah sebagian dari iman,” imbuhnya.

Bupati juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi pada aksi peduli lingkungan ini.

“Alhamdulillah bersama warga masyarakat kelurahan Berok kita bisa melaksanakan kegiatan bersih-bersih ini, semoga kita mendapatkan manfaat dan kesehatan. Terima kasih atas partisipasinya,” pungkas Bupati.

Selain aksi bersih sungai dan bersih pasar, kegiatan ini juga diwarnai dengan senam sehat, bagi-bagi doorprize, serta festival mural yang memperindah tampilan dinding Pasar Modern Koba. (MJ01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *