Donor Darah menjelang Puasa Ramadhan bersama KAGAMA BABEL

PANGKALPINANG,BABELFAKTA — Setiap bulan Ramadhan, ketersediaan stok darah selalu kekurangan. Ada keengganan berdonor saat berpuasa, bahkan MUI sudah mengeluarkan fatwa, bahwa pengeluaran darah dari orang yang sedang menunaikan ibadah puasa, tidak membatalkan atau mengurangi kesempurnaan ibadah puasa orang yang bersangkutan. Berbagai upaya telah dilakukan PMI untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satunya, menjalin kerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Propinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengadakan kegiatan donor darah menjelang bulan Ramadhan tahun 2024 ini, tepatnya pada hari Ahad/Minggu, 3 Maret 2024, Pukul 10.00-15.30 WIB, di Lantai 1-Transmart Pangkalpinang. “Beramal dengan uang itu biasa, namun beramal dengan darah itu, luar biasaa” menjadi slogan kegiatan ini, guna memotivasi gerakan donor darah tersebut.

Dalam Sambutan pembukaan Donor Darah, Ketua KAGAMA Babel, periode 2022-2025, Warsangka mengatakan: “Setelah sukses mengadakan donor darah pada bulan Agustus 2023, kami menyelenggarakan kembali donor darah menyambut bulan puasa Ramadhan dengan target 150 pendonor”.

“Bagi 80 pendonor pertama akan mendapatkan sembako dari pihak sponsor yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, tepung terigu dan susu. Selanjutnya, 70 pendonor berikutnya akan mendapat beras@5 kg. Tentunya, ini, sangat membantu masyarakat di saat harga Sembako tengah naik,” imbuhnya.

Warsangka menambahkan: “Kami sangat berterimakasih atas bantuan Paket Sembako dan dukungan Operasional, baik dari Sedulur Alumni UGM maupun BUMN atau Perusahaan Swasta, seperti: PT. Timah, Bank Indonesia, PT Telkom Indonesia, BNI, PERTAMINA, Audiensia Management, Mitra Aqiqah dan Bakso Sony.”

Turut hadir dalam pembukaan Aksi Donor Darah, antara lain: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Bangka Belitung-dr. H. Andri Nurtito, Kepala Divisi CSR PT Timah-Rahmat Taufik, Manager Integrated Terminal Pangkalbalam PT PERTAMINA Patra Niaga-Hadi Tama Waskito, Perwakilan BI Babel-Agus Taufik, perwakilan BNI-Ismed dkk dan GM Telkom Indonesia-Indramoko Susanto serta Manager Bakso Sony-Pakde Songko. Masing-masing Perwakilan, diberi kesempatan menyerahkan Paket Sembako ke para Pendonor yang sudah menyelesaikan proses donor darahnya.

Sementara itu, Heru Bekti Santosa selaku Ketua Panitia, mengatakan: “Alhamdulillah, antusias masyarakat Bangka Belitung, sungguh luar biasa. Sesuai dengan slogan kegiatan, target terpenuhi. Peserta yang terdaftar sebanyak 184 orang, 132 orang berhasil mendonorkan darahnya dan 52 orang ditolak dengan berbagai alasan. Terimakasih, kami haturkan kepada masyarakat Bangka Belitung”.

Insyaa Allah, kegiatan donor darah hasil kolaborasi KAGAMA BABEL, PMI Kota Pangkalpinang dan Transmart Pangkalpinang ini, menjadi Agenda Rutin Tahunan. Tentunya, akan lebih semakin bersemangat dengan adanya dukungan dari para Sponsor,” imbuhnya.

“Insha Allah, akan kita laksanakan Aksi Fonor Darah dalam rangka memperingati HUT RI pada bulan Agustus 2024 dan akan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” tambahnya di sela-sela melayani Pendonor.

Salah satu peserta donor darah, kali ini adalah Dedeh Mariyanah yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga dan kali pertama mengikuti donor darah. Dengan wajah sumringah, Beliau merasa tetap sehat setelah donor, bahkan siap menjalani ibadah puasa dan bersyukur ada rezeki paket Sembako yang sangat membantu meringankan beban keluarga, menjelang bulan Ramadhan tahun ini.

Sekantong darah, sangat membantu pasien yang membutuhkan. Jangan bosan berbuat baik. Semoga barakoh untuk kita semua. (MJ01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *