Rapat Teknis Penyaluran Insentif, Misno Berharap Jadi Tambahan Semangat Pemuka Agama Dalam Pelaksanaan Fungsinya

PANGKALPINANG,BABELFAKTA — Penyelenggara Buddha Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Misno, S.Ag., melaksanakan rapat bersama Pemuka Agama Buddha terkait teknis penyaluran bantuan/insentif dari Pemerintah Daerah di Vihara Citra Maitreya Pangkalpinang, ruang Joyful Cafe, Veggie Resto & Cafe Bakery, pada Jumat (7/6/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk membahas pemberian insentif bagi 8 (delapan) pemuka agama Buddha di Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini dihadiri Pemuka Agama dari Mapanbumi, MBI, MAHASI Tanah Suci dan MNSBDI.

Misno mengatakan pemuka Agama adalah tokoh yang diangkat dan ditetapkan oleh Kepala Daerah dalam jabatan di lembaga kemasyarakatan untuk menjadi mitra dari pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat di bidang keagamaan, yang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan kegiatan keagamaan secara umum di wilayah masing-masing.

Menurutnya dari 8 (delapan) pemuka agama yang diundang ada beberapa pemuka agama yang berhalangan hadir dikarenakan berada di luar kota.

“Beberapa pemuka agama yang berhalangan hadir akan datang ke kantor pada Senin nanti. Untuk menerima bantuan insentif tersebut, ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh para pemuka agama,” ucapnya.

Tugas yang harus dilakukan yakni : a. membantu pelaksanaan pencatatan nikah setelah berkoordinasi dengan Kepala Urusan Agama Kecamatan setempat; b. mengkoordinir kegiatan- kegiatan urusan keagamaan di Kabupaten/Kota sesuai dengan wilayah penugasan; c. membina kerukunan umat beragama di wilayah setempat; d. membina lembaga dan majelis keagamaan yang ada di wilayah kerjanya; dan/atau e. mengadakan keagamaan pembangunan penyuluhan untuk mental dan spiritual masyarakat.

Menurutnya, nominal insentif yang diterima memang tidak seberapa, namun kebijakan pemerintah memberikan insentif bagi tenaga keagamaan adalah merupakan perhatian sekaligus komitmen pemerintah terhadap masyarakat.

“Tentunya para pemuka agama ini adalah garda terdepan untuk membina keimanan sejak dini, dimulainya pendidikan generasi kita, kami mengajak para tokoh agama agar senantiasa membantu pemerintah dalam menjaga kerukunan umat,” ungkapnya.

Bantuan Insentif ini diharapkan dapat menambah semangat para pemuka agama Buddha dalam memberikan nilai-nilai keagamaan bagi masyarakat binaannya.(GV04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *